Berharap Kontrol Masyarakat Menguat

Home / Kegiatan / Media / Berharap Kontrol Masyarakat Menguat

BANDUNG— Dalam sambutannya dirangkaian HUT Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ke 18, Eko Maryadi yang juga akrab disapa Item berharap peran masyarakat ke depan dalam mengontrol media semakin menguat. Tuntutan seperti ini wajar, di tengah-tengah pertumbuhan media yang semakin tidak terkontrol. “Pasca reformasi, pertumbuhan media seperti jamur. Ke depan masyarakat harus lebih berperan aktif untuk mengawasinya,” ujar Item di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Bandung, 15- September 2012.

Menurut Item, dengan adanya kontrol yang kuat dari masyarakat maka dengan sendirinya akan membuat media semakin bertanggung jawab atas produk jurnalistiknya. Namun, Item juga mewanti-wanti, bahwa kontrol yang dilakukan masyarakat akan semakin kuat dan efektif jika masyarakat juga memiliki pengetahuan yang cukup tentang media dan proses produksinya.

Media yang memperhatikan kontrol baik itu dari masyarakat, atau pun dari pihak lainnya akan membuat media semakin bertanggung jawab dan masyarakat yang melek media dan cerdas akan memperkuat demokrasi di Indonesia.

“Pemikiran inilah yang menjadi dasar keyakinan AJI akan pentingnya kebebasan berekspresi dan kebebasan informasi bagi masyarakat,” ujar Item.

Untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang seluk beluk media, AJI menyelenggarakan Festival Media I yang berlangsung di Bandung 15-16 September 2012. “Dalam festival ini kegiatan yang diselenggarakan tak hanya pameran, tapi juga ada workshop, seminar, dan pelatihan-pelatihan jurnalistik lainnya,” tambah Ketua AJI Bandung Zaki Yamani.

Dalam festival ini juga menjadi ajang pameran produk industri media mainstream dan berbagai komunitas media independen yang ada di Bandung dan beberapa kota lainnya yang diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat. Selain itu,. Zaki juga berharap, diselenggarakannya festival ini bertujuan untuk membangun interaksi antara media, sebagai produsen informasi, dengan masyarakat sebagai pengguna informasi dari berbagai outlet media.***

(Cc) : MediaLink

 

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.