Besok, Uji Materi Penyiaran Diputuskan

Home / Peristiwa / Pusat / Besok, Uji Materi Penyiaran Diputuskan
By
In Pusat

JAKARTA—Rencananya besok rabu (3/10) hasil judicial review atau uji materi terhadap UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran yang diajukan oleh Koalisi Independen untuk Demokratisasi Penyiaran (KIDP) akan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

KIDP menilai masih banyak persoalan dalam dunia penyiaran nasional. Langkah untuk mengajukan uji materi ke MK dinilai sebagai salah satu langkah untuk memperbaiki masalah tersebut. Menurut KIDP, masalah yang pelik dan mendesak untuk diclearkan adalah menyangkut masalah kepemilikan lembaga penyiaran, yang selama ini dimonopoli sekelompok elite pengusaha tertentu. Selain itu, KIDP juga ingin memperbaiki konten siaran agar lebih berpihak kepada kepentingan public.

Menurut salah satu pemohon uji materi UU Nomor 32 Tahun 2002, Hendrayana, KIDP sudah siap dengan segala konsekuensi putusan dari MK, termasuk jika MK membatalkan tuntutan koalisinya. “Kita sudah siap dengan kemungkinan kalah di MK. Namun kita berharap MK jernih dalam membuat keputusan karena ini sangat penting bagi dunia penyiaran,” ujar Direktur Eksekutif LBH Pers ini.

Senada dengan Hendrayana, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Eko Maryadi juga melihat pentingnya dunia penyiaran yang didedikasikan untuk kepentingan public. Selama ini dunia penyiaran nasional sudah dikotori dengan masalah pemusatan kepemilikan dan penguasaan lembaga penyiaran swasta yang hanya dipegang oleh segelintur pengusaha.
Eko berharap, putusan MK nantinya bisa dijadikan sebagao titik awal terwujudnya penyiaran yang demokratis dan pro kepentingan public. “Semoga apa yang kita harapkan bisa diwujudkan paska putusan MK nanti,” ujarnya.***

(Cc) : MediaLink

 

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.