BLH Kaltim Dipanggil KI

Home / Peristiwa / Daerah / BLH Kaltim Dipanggil KI

Sengketa informasi antara Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim dengan Kelompok Kerja (Pokja) 30 memasuki babak baru.

Hari ini (11/12), Kepala BLH Kaltim Riza Indra Riadi dipanggil Komisi Informasi Kaltim terkait sengketa informasi yang diajukan Pokja 30. Ketua Komisi Informasi Kaltim, Jaidun, mengatakan, proses pemanggilan ini, berdasarkan masa kerja dari sengketa informasi yang dilayangkan Pokja 30 (Kamis, 8 November 2012). “Waktu pemanggilan, sudah sesuai ketentuan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” ungkapnya.

Rencananya, pemanggilan BLH Kaltim akan dilakukan tiga kali, apabila tidak mengindahkan panggilan pertama dan kedua. “Apabila BLH Kaltim tidak hadir dalam proses mediasi, Komisi Informasi Kaltim secara otomatis akan melanjutkan ke tahap sidang Ajudikasi Non Litigasi (persidangan di luar peradilan),” jelas Jaidun.

Selain kasus ini, ada satu lagi yang serupa. Senin 19 November 2012, Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kaltim melayangkan sengketa terhadap BLH Samarinda ke Komisi Informasi Kaltim, Jaidun mengatakan proses telah selesai dalam tahapan pemeriksaan berkas, oleh Majelis Pemeriksa Pendahuluan. Sementara, Komisi Informasi Kaltim masih terkendala waktu pemeriksaan yang belum selesai. “Saya pastikan BLH Samarinda akan dipanggil, hanya menunggu giliran saja setelah BLH Kaltim,” tegasnya.
Diwartakan, Pokja 30 menyengketakan BLH Kaltim, disebabkan tidak diberikannya data Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Penggunaan Anggaran (DPA) Surat Penugasan Perjalanan Dinas (SPPD), Rencana Kerja BLH Kaltim 2012, Daftar Perusahaan Pertambangan yang mengajukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Daftar Perusahaan Perkebunan, dan Laporan Pelaksanaan Dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL), dan lainnya.

Kemudian, disusul Jatam menyengketakan BLH Samarinda, karena tidak diberikannya dokumen Amdal perusahaan batu bara di Samarinda dan lainnya.

Sumber : www.kaltimpost.co.id

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.