Hari Ini Mediasi Sengketa Informasi BLH Samarinda dan Jatam

Home / Peristiwa / Daerah / Hari Ini Mediasi Sengketa Informasi BLH Samarinda dan Jatam

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Samarinda, akhirnya dipanggil Komisi Informasi Kaltim. Ini terkait sengketa informasi yang diadukan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Senin, 19 November 2012.


Komisioner Komisi Informasi Kaltim Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Lilik Rukitasari mengatakan, rapat pleno Majelis Komisioner telah menetapkan waktu mediasi, yaitu Senin (17/12) hari ini. Selain itu, rapat pleno menunjuk Jaidun Ketua Komisi Informasi Kaltim sebagai mediator. Surat pemanggilan Kepala BLH Samarinda Endang Liansyah sudah dilayangkan sejak 11 Desember oleh Komisi Informasi Kaltim.

Dia mengatakan, pemanggilan ini merupakan wadah pembelaan diri bagi BLH Samarinda terkait sengketa yang diadukan Jatam. “Apabila BLH Samarinda tidak menghadiri panggilan Komisi Informasi Kaltim, artinya sama dengan menghilangkan kesempatan membela diri,” ucap Lilik. Sebelumnya, Jatam meminta dokumen seperti amdal, pemegang PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara), dan IUP (Izin Usaha Pertambangan), serta dokumen reklamasi.

Namun, permintaan Jatam tak direspons BLH Samarinda. Sikap ini membuat Jatam melayangkan surat keberatan pada Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dan akan memperkarakannya di Komisi Informasi Kaltim. Langkah ini mengacu Undang-Undang (UU) 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Kepala BLH Endang Liansyah menyebut, sebenarnya dokumen amdal terbuka untuk publik. Namun, untuk mengakses dokumen tersebut, harus jelas peruntukannya. Sebab, kata dia, jangan sampai pihak lain, termasuk Jatam memanfaatkan dokumen amdal untuk kepentingan bisnis semata. “BLH mencurigai data lingkungan akan dijual ke luar negeri. Banyak LSM seperti itu. Saya tidak mau kestabilan negara terganggu dengan memberikan data sembarangan,” tegasnya.

Sumber : www.kaltimpost.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.