Helmy Fauzi: Kami Akan Minta Penjelasan KPI

Home / Peristiwa / Pusat / Helmy Fauzi: Kami Akan Minta Penjelasan KPI
By
In Pusat

Jakarta – Helmy Fauzi, anggota komisi I DPR mengatakan akan meminta penjelasan KPI terkait Pedoman Perilaku Penyiaran dan SPS (P3SPS) yang dikeluarkan baru-baru ini. Pasalnya, menurut Helmy, aturan tersebut terkesan kurang memperoleh masukan publik.

“Kesan saya masih sangat kurang public hearing dengan stakeholder yang ada. Jangan sampai aturan yang dikeluarkan dianggap menganaktirikan salah satu pihak,” ujar Helmy Fauzi, anggota komisi I DPR RI, di acara diskusi P3SPS, Cikini, Rabu (4/4/2012).

Selain meminta penjelasan terhadap KPI, Helmy juga berharap pihaknya bisa memfasilitasi pertemuan antara KPI dan pelaku industri penyiaran untuk mencari solusi agar bisa mengharmonisasikan KPI dengan para pelaku industri penyiaran.

“Terkait P3SPS ini saya baru sadar. Ada hubungan kurang harmonis antara KPI dengan masyarakat industri penyiaran. Jika dimungkinkan, komisi I ingin bisa memfasilitasi KPI dan industri penyiaran agar hubungan bisa harmonis lagi. Kita akan minta P3SPS ini ditunda dulu,” terangnya.

Uni Lubis, Ketua Asosiasi Televisi Swasta Indonesia mengatakan setuju dengan usulan untuk mempertemukan KPI dengan para pelaku industri penyiaran. “Setuju kalau bisa segera dilakukan, karena tadinya kita berharap KPI bisa memberi penjelasan,” pungkasnya.

Lebih jauh menurut Helmy, karena saat ini UU penyiaran masih dalam tahap revisi, masih belum ada keputusan final mengenai batas-batas dan tugas pokok KPI. Namun ada dua pandangan utama di dewan pakar.

Pertama adalah kewenangan terbatas pada soal isi siaran dan perizinan. Kedua, karena pemerintah tidak memiliki kewenangan lebih jauh mengatur lembaga penyiaran, kewenangan untuk mengaturnya diusulkan untu diserahkan pada yang independen.”Nah, ini belum diputuskan,” tandasnya.

 

Sumber, www.okezone.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.