Ini Kasus Pertama Tindak Pidana Keterbukaan Informasi

Home / Peristiwa / Daerah / Ini Kasus Pertama Tindak Pidana Keterbukaan Informasi

Dua komisioner Komisi Informasi (KI) Lampung, Juniardi (Ketua) dan Ahmad Haryono (Wakil Ketua) dimintai keterangan terkait dugaan tindak pidana Keterbukaan Informasi Publik, pada Senin (18/2). “Pemeriksaan ini terkait dugaan tindak pidana Badan Publik yang dengan sengaja tidak menyediakan, tidak memberikan, dan/atau tidak menerbitkan Informasi Publik berupa Informasi Publik secara berkala, Informasi Publik yang wajib diumumkan secara serta merta, Informasi Publik yang wajib tersedia setiap saat, dan/atau Informasi Publik yang harus diberikan atas dasar permintaan sesuai dengan Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain sebagaimana dimaksud dalam pasal 52 Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP),” papar Juniardi.  

Pemeriksaan sebagai saksi ini terkait LSM Tiem 99 yang melaporkan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandarlampung ke Polda Lampung dengan bukti laporan polisi nomor : LP/B-026/I/2013/LPG/SPKT. BKD Kota Bandar Lampung dianggap tidak mematuhi perintah UU No 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik.

Menurut Juniardi, kasus pengaduan tindak pidana ini merupakan kasus pertama laporan tindak pidana keterbukaan informasi publik yang terjadi di Lampung. Dirinya berharap, hal ini menjadi preseden dan pembelajaran bagi Badan Publik agar melakukan upaya antisipasi.

“Hal seperti ini bisa diantisipasi. Penuhi kewajiban Badan Publik sebagaimana yang ada dalam UU KIP,” ujar dia. Alumni Magister Hukum Unila ini menilai bahwa saat ini masyarakat sudah mulai kritis dan berupaya menggunakan UU KIP sebagai sarana untuk mengakses informasi publik.

“Seharusnya hal ini mulai disadari oleh Badan Publik. Kultur ketertutupan birokrasi harusnya sudah mulai harus dikikis,” ujar Juniardi. Pimpinan Badan Publik, lanjutnya, harus berkomitmen penuh dan menjadi leader bagi keterbukaan informasi di instansinya.

Sumber : www.tribunnews.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.