JATAM Kaltim Sengketakan Informasi AMDAL

Home / Peristiwa / Daerah / JATAM Kaltim Sengketakan Informasi AMDAL

SAMARINDA- Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Kalimantan Timur beserta LSM membuat pengaduan sengketa informasi atas Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Samarinda. Aduan yang dilayangkan ke Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur berisi tentang hak informasi AMDAL  seluruh pertambangan di kota Samarinda yang diajukan ke BLH kota Samarinda.

Aduan yang dilayangkan pada tanggal 19 November 2012 kepada Komisi Informasi Kalimanta Timur ini merupakan aduan pertama JATAM Kaltim terhadap BLH kota Samarinda. Menurut keterangan Merah Johansyah aduan ini didasarkan sebagai respons JATAM Kaltim akan hak informasi yang dijamin Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik No 14 Tahun 2008.

“Kemarin (19/11/2012) secara resmi JATAM Kalimantan Timur dan LSM mengadukan secara resmi BLH kota Samarinda karena tidak memberikan informasi AMDAL seluruh pertambangan di kota Samarinda” ujar Johansyah
Keterangan dari Merah Johansyah menyebutkan bahwa sebelumnya JATAM Kalimantan Timur telah memohon informasi kepada BLH kota Samarinda. Namun setelah lebih dari tiga puluh hari informasi tersebut tidak diberikan.

Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Tahun 14 Tahun 2008 pada pasal 52 telah mengatur setiap Badan Publik wajib memberikan informasi publik dan memuat sanksi apabila Badan Publik dengan sengaja tidak memberikan ataupun memberikan informasi publik.

“Harapannya dengan mekanisme yang telah diatur dalam Undang-Undang KIP Tahun 2008 ini pemerintah dapat membuka transparansi seperti kasus hak informasi atas AMDAL kota Samarinda. Mengingat masalah lingkungan hidup penting untuk kepentingan orang banyak, maka informasi yang umum seperti AMDAL khususnya di kaltim ini harus transparan” kata Johansyah
Permintaan informasi oleh JATAM Kalimtan Timur telah diterima Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur dan saat ini JATAM Kaltim menunggu proses selanjutnya.

 

(Cc) : MediaLink

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.