Jokowi: 90 Persen DKI Siap Hadapi Banjir

Home / ASIK DKI / Perumahan / Jokowi: 90 Persen DKI Siap Hadapi Banjir

Selasa (6/11/2012), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menggelar apel dalam kesiapan menghadapi banjir di Jakarta. Hal ini terkait dengan situasi akhir-akhir ini di Jakarta ataupun di Bogor yang sudah mulai memasuki musim hujan.


“Persiapan menghadapi banjir ini sudah pada posisi 90 persen. Yang 10 persennya tinggal pelaksanaan di lapangan,” kata Jokowi, di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (6/11/2012).

Dalam apel itu, Jokowi mengatakan, yang dibutuhkan oleh warga yang menjadi korban banjir adalah aksi dan tindakan langsung dari para aparat di lapangan. “Langsung action-nya di lapangan apa, yang paling penting itu. Informasi yang didengar, informasi banjir makin besar atau makin kecil. Jadi pergerakannya jelas,” ujarnya.

Jokowi pun mengingatkan kepada para peserta apel yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Dinas Perindustrian dan Energi DKI, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Dinas Perhubungan DKI, Dinas Kebersihan DKI, Dinas Kesehatan DKI, PLN, PAM, SAR, Polda, dan PMI, untuk memiliki response time yang tepat dan cepat agar proses evakuasi korban banjir dapat segera teratasi.

“Itu adalah sebuah tindakan-tindakan lapangan, gerakan-gerakan lapangan. Jangan sampai banjir sudah di lapangan, dua sampai empat jam, petugasnya baru sampai,” kata Jokowi.

Setelah memberikan pengarahan kepada peserta apel, Jokowi selanjutnya memberikan simulasi kepada peserta apel dan melihat-lihat logistik kesiapan dari perangkat SKPD. Jokowi melihat-lihat perahu karet didampingi oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Arfan Arkilie.

Seusai memberikan pengarahan, Jokowi meninjau tenda yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan DKI, Dinas Sosial DKI, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Orari, Satpol PP, Dapur Umum Dinsos DKI, mobil Rescue Polisi, tank, mobil Bekangdam Jaya, mobil BNPB, Palyja, mobil water mist light unit, dan mobil light rescue.

 

Sumber : www.kompas.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.