Jokowi-Ahok Akan Tertibkan 300 PKL

Home / ASIK DKI / Perumahan / Jokowi-Ahok Akan Tertibkan 300 PKL

Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wakilnya Basuki Tjahja Purnama atau Ahok membuat terobosan soal kebijakan terkait pedagang kaki lima (PKL). Mereka akan ditertibkan dan dimasukkan ke mal.

“Kami akan ada terobosan baru, semua PKL yang belum ada tempat akan dimasukan ke mal-mal, ke Pasar Jaya, gedung-gedung, sekolah,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta di Jl Kebon Sirih, Jakarta, Senin (5/11/2012).

Ahok menjelaskan, diperkirakan jumlah PKL yang akan dimasukkan ke mal dan sejumlah tempat lainnya ada 300 ribu pedagang. Mereka nantinya akan diberi subsidi dahulu, dengan gratis harga sewa kios.

“Enggak la kita kan tahu, Jokowi akan menggratiskan setahun dua tahun gratis. Ada 15 ribu kios kosong di pasar, selama ini sudah disosialisasikan,” jelasnya.

Untuk tempat mal, pasar, gedung-gedung, atau sekolah yang akan diisi PKL, sistem penempatanya akan adil. Mereka semua akan diundi.

“PKL yang ingin mendapatkan itu nggak perlu bayar sewa 6 bulan pertama. Mereka undian, kalau mereka dapat tempat bagus ya bagus. Kalau mau nunggu ya nunggu. Kalau yang ikut punya kios kita masukan ke dalam pidana penipuan. Kalau mal gini, misalnya Ciputra, mal akan minta khusus makanan masuk tidak perlu bayar sehingga pedagang itu cuma dagang cuma bayar air. Jadi tidak ada dipinggir jalan. Ini mengurangi kemacetan juga,” jelasnya.

Program ini pun rencananya akan secepat mungkin dilaksanakan. Pihak Pemprov DKI tengah mencari mal yang bersedia menampung. Minggu depan harus sudah ada laporan. Ahok juga berharap pihak mal bisa kooperatif dengan memberi kesempatan kepada pedagang.

Sumber : www.detik.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.