Jokowi Susun Rencana Atasi Banjir

Home / ASIK DKI / Perumahan / Jokowi Susun Rencana Atasi Banjir

JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengaku memiliki banyak jurus untuk mengatasi masalah banjir yang sering kali melanda wilayah permukiman padat penduduk di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur.


“Intinya, warga meminta agar banjir tidak lagi melanda daerah ini. Jurusnya ada macam-macam, antara lain, perbaikan kampung dengan cara membangun kampung deret, rumah susun (rusun), dan super kampung,” kata Jokowi ketika melakukan tinjauan di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Senin.

Akan tetapi, lanjut Jokowi, sebelum menentukan jurus apa yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada proses-proses yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

“Sebelum jurus-jurus itu direalisasikan, kita harus menempuh beberapa proses terlebih dahulu, yaitu proses dialog dan proses partisipasi publik,” ujar Jokowi.

Jokowi menuturkan, yang dimaksud dengan proses dialog adalah melakukan pembicaraan dengan dinas-dinas DKI terkait, sedangkan proses partisipasi publik adalah proses pembicaraan secara langsung dengan masyarakat.

Jokowi mengaku tidak dapat menargetkan berapa lama proses-proses tersebut akan berlangsung. Namun yang pasti, sudah dimulai saat ini juga.

“Untuk proses partisipasi publik sudah dimulai sekarang, dengan cara turun ke lapangan. Kalau untuk proses dialog bersama dinas-dinas, tidak akan berlangsung sekali atau dua kali. Jadi, kalau proses-proses itu sudah rampung, baru kita bisa realisasikan,” kata Jokowi.

Dalam proses pembenahan permukiman tersebut, Jokowi mengatakan akan menunjukkan cara-cara untuk membuat area hijau, membuat formula septic tank serta membuat sanitasi yang baik untuk sebuah kampung.

Terkait dengan langkah awal pembenahan Kampung Pulo, Jokowi mengungkapkan telah memanggil Dinas PU DKI untuk membersihkan semua selokan, baik selokan kecil maupun besar.

Jokowi menargetkan pembersihan tersebut akan membutuhkan waktu hingga tiga hari. Instruksi itu sama seperti yang pernah dia berikan di Pademangan, Jakarta Utara, pada hari Selasa (16/10) minggu lalu.

Sumber : www.suarapembaruan.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.