Keterbukaan Informasi di Pemerintah Masih Jalan di Tempat

Home / Peristiwa / Daerah / Keterbukaan Informasi di Pemerintah Masih Jalan di Tempat
By
In Daerah

Solo – Keterbukaan informasi publik seperti yang diamanatkan UU No. 14 Tahun 2008 nampaknya belum dijalankan di wilayah pemerintahan. Hal ini seperti yang disampaikan Lais Abid, aktivis Indonesian Corruption Watch (ICW), bahwa pemerintah dan beberapa badan umum lainnya saat ini masih menganggap UU KIP sebagai momok bagi mereka.

 

Pernyataan tersebut disampaikan Abid dalam acara diskusi di Hotel Anugerah Palace dengan tema, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Audit Sosial di Sektor Pelayanan Publik PKMS.”  Lebih lanjut Abid menegaskan bahwa prinsip keterbukaan dan informasi publik sebenarnya berada pada audit sosial.

Keengganan pemerintah dalam memberikan informasi yang harusnya bisa diakses oleh publik kentara terlihat saat masyarakat ataupun LSM meminta informasi publik tersebut. “Ketika masyarakat atau LSM bertanya tentang informasi yang itu merupakan konsumsi publik, ternyata masih banyak yang dipingpong ke sana kemari,” tandasnya.

Dari sini terlihat bahwa kultur tertutup yang sekian lama sudah terlanjur terbentuk di pemerintahan masih saja terus berkembang. Bahkan dengan keberadaan undang-undang keterbukaan informasi publik ini tidak banyak merubah wajah kaku pemerintah.

Senada dengan apa yang disampaikan aktivis Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN), Eko Harianto, ada anggapan dari pemerintah bahwa masyarakat yang mencari informasi publik masih dianggap musuh.

“Semangat keterbukaan publik ini ialah mencegah terjadinya penyimpangan. Jangan setelah terjadi penyimpangan, baru ramai-ramai diberantas. Inilah yang menurut kami sangat penting,” ujar Harianto dalam kesempatan yang sama.

Padahal idealnya, pemerintah dan lembaga umum lainnya harusnya mampu menciptakan iklim good governance dan clean government. Dimana salah satu bentuk yang dapat dilakukan pemerintah dan lembaga umum lainnya adalah dengan adanya akuntabilitas dan transparansi, agar sistem kontrol dari masyarakat bisa tercipta.

 

Diolah dari, solopos.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.