Kick of Meeting: Merancang Kolaborasi Warga dan Pemerintah Demi Suksesnya JKN

Home / Kegiatan / Kick of Meeting: Merancang Kolaborasi Warga dan Pemerintah Demi Suksesnya JKN

MediaLink – Sudah tiga tahun MediaLink mengawal pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Dalam rentang waktu itu dengan berbagai kendala, ada beberapa hasil nyata yang telah diperoleh dan dirasakan oleh warga di sasaran program. Pertama, 2300 warga dimasukkan sebagai peserta JKN-PBI dari usulan 2700 warga di Jakarta. Kedua, ada 2. 278 warga yang dijamin sebagai peserta jaminan kesehatan melalui skema JKN-PBI dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Miskin (JKMM) di Sidoarjo. Ketiga, proses pendataan partisipati dengan memanfaatkan ICT di Wonosobo di terima oleh pemerintah Wonosobo, melalui Dinas Sosial dan DPRD, sebagai dasar pendataan di kabupaten bagi kelompok JKN-PBI.

Poin-poin penting inilah yang dsebutkan oleh Mujtaba Hamdi, Direktur MediaLink, dalam Kick of Meeting program yang diselenggarakan di Sidoarjo, 28-29 November 2016. Meski ada banyak keberhasilan, namun tantangan berikutnya sudah menunggu, terutama terkait partisipasi warga. Oleh karena ini dalam periode program hingga Oktober 2017 nanti di antara fokus utamanya adalah bagaimana partisipasi warga juga semakin menguat. Misalnya kelompok pekerja lepas di Jakarta, santri di Wonosobo, dan warga korban Lapindo di Sidoarjo.

Problem di lapangan harus diakui memang cukup sulit. Di Sidoarjo, misalnya, problem pendataan masih yang paling mengemuka. Sebagaimana kita ketahui, akibat Lumpur Lapindo ada 4 desa yang dihapus, yaitu Desa Renokenongo di Kecamatan Porong, Desa Kedungbendo di Kecamatan Tanggulangin, Kelurahan Jatirejo dan Kelurahan Siring di Kecamatan Porong. Dihapusnya 4 desa ini menyisakan banyak problem.

“Kita belum jelas juga data empat desa itu bisa masuk apa tidak. Kita sudah ke Provinsi, (dikatakan) data empat desa itu tak memiliki E KTP,” ujar Harwati, Community Organizer di Sidoarjo. Karena itu, menurut Harwati butuh bantuan pemerintah daerah dan pusat untuk penyelesaiannya, selain partisipasi warga sendiri.

Dengan tantangan ini, tema program yaitu Penguatan Kolaborasi Sipil-Pemerintah Berbasis Keterbukaan Informasi dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional untuk Kelompok Miskin dan Tidak Mampu di Sidoarjo, Wonosobo dan DKI Jakarta, menjadi sangat relevan. Sebab jika hal ini tidak terjadi, maka target Universal Health Coverage yang dicanangkan pemerintah tercapai pada tahun 2019 akan tak terwujud.

Dalam pertemuan yang dihadiri tim MediaLink, perwakilan TIFA Foundation, serta tim lapangan di Sidoarjo, Wonosobo, dan Jakarta ini, membahas secara detail langkah-langkah kegiatan yang menyesuaikan dengan raihan-raihan hasil yang hendak diperoleh. Mudah-mudahan semua berjalan lancar

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.