Pelayanan SKPD Terjelek akan Diumumkan

Home / Peristiwa / Daerah / Pelayanan SKPD Terjelek akan Diumumkan

SURABAYA – Badan publik yang alergi dimintai informasi masyarakat, siap-siap diekspose kebobrokannya. Pasalnya, Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jatim saat ini telah melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap semua badan publik yang ada di lingkungan Pemprov Jatim.

Ketua KIP Jatim Joko Tetuko mengatakan, monev terhadap badan publik tersebut dilakukan untuk mengimplementasikan Undang-Undang 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sekaligus menindaklanjuti hasil Rakornas Komisi Informasi se-Indonesia di Bandung. Salah satu rekomendasi rakornas adalah, menjadikan September sebagai Bulan Keterbukaan Informasi Publik.
”Ekspose kondisi riil layanan informasi badan publik ke masyarakat, juga dalam rangka memperingati right to know day 28 September nanti,” ujarnya, disela-sela melakukan sidak didampingi dua komisioner KIP Nurul Amalia dan Daan Rahmat Tanot, di Biro Humas dan Protokol, Selasa (25/9/2012).

Agar tidak dikelabuhi dan mendapat laporan yang baik-baik saja, KIP melakukan monev melalui website 60 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan melihat kondisi fisik di lapangan. ”Strategi yang kita lakukan, seperti setengah sidak (inspeksi mendadak) yang diikuti semua komisioner,” jelasnya.
Dari 60 SKPD di Pemprov, pihaknya, kata Joko akan mengambil 10 SKPD dimana Pejabat Pengolahan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat memberikan layanan terbaik. Dan dari situ juga akan diketahui, mana SKPD yang layanan informasinya paling jelek. ”Hasil monev akan kita beber, dan umumkan 3 Oktober nanti,” tegas Joko.

Sumber : www.surya.tribunews.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.