PEMKO SOLOK, MEDIALINK, DAN INTEGRITAS SUMBAR MENANDATANGANI MoU PELAKSANAAN OGP DI KOTA SOLOK

Home / Artikel / PEMKO SOLOK, MEDIALINK, DAN INTEGRITAS SUMBAR MENANDATANGANI MoU PELAKSANAAN OGP DI KOTA SOLOK

“Pemerintah Kota Solok memiliki tujuan untuk mewujudkan pelayanan publik yang terbaik bagi warganya,” demikian ungkap Walikota Solok, Sumatera Barat, Zul Elfian Dt. Tianso. Pesan ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi dan Komitmen Pemeritah Kota Solok dalam Pelaksanaan oOpen Government Parthership (OGP) di Kota Solok, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Walikota Solok, 20 Maret 2018.

Rapat koordinasi yang dirangkai dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Menguatkan Pelaksanaan OGP di Kota Solok” ini diselenggarakan oleh MediaLink bersama Pemerintah Kota (Pemko) Solok. Di antara tujuan utama diselenggarakannya acara ini adalah menguatkan komitmen Pemko Solok untuk menjadi pemerintah yang terbuka, sesuai prinsip-prinsip dasar dalam OGP, yaitu transparan, setara, co-creation, dan akuntabel.

Menurut Zul Elfian, prinsip-prinsip ini sejalan dengan tujuan utama pemerintahannya, sehingga “Dengan tujuan yang sama ini kami menerima dengan tangan terbuka dalam kerja sama pelaksanaan OGP di Kota Solok,” lanjutnya. Karena itu, ia meminta segenap perangkat di bawahnya untuk turut serta dalam menyukseskan pelaksanaan OGP di wilayahnya ini.

Gayung pun bersambut. Direktur MediaLink, Mujtaba Hamdi, sangat senang dengan komitmen Pemko Solok. “Kami menyambut baik kerjasama ini, semoga apa yang menjadi cita-cita bersama khususnya Pemerintah Kota Solok yang lebih terbuka, partisipatif, dan akuntabel dapat segera terwujud,” demikian katanya. Mujtaba menambahkan bahwa dalam inisiatif OGP, Pemerintah Kota Solok dan masyarakat sipil memiliki posisi yang setara untuk bekerjasama dalam mewujudkan tujuan-tujuan mulia tersebut. Karena itu kerjasama yang terus menerus adalah sesuatu yang senantiasa diharapkan.

Tak bisa dipungkiri, bahwa pemerintahan yang terbuka memang akan menjamin pemerintahan yang bersih, menguatnya partisipasi warga, dan berdayagunanya semua komponen masyarakat, sehingga kemajuan suatu wilayah akan berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan ini ditandatangani pernyataan komitmen bersama Pemerintah Kota Solok dan Perwakilan Masyarakat Sipil terkait penguatan pelaksanaan pemerintahan terbuka di Kota Solok dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Pelaksanaan OGP di Kota Solok. Penandatanganan dilakukan oleh Walikota Solok, Direktur MediaLink, dan Direktur Integritas Sumbar, Arief Paderi.

Recommended Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.