Pemkot Bekasi Menang Di PTUN Bandung

Home / Peristiwa / Daerah / Pemkot Bekasi Menang Di PTUN Bandung
By
In Daerah

Bekasi, InfoPublik – Pemerintah Kota Bekasi akhirnya memenangkan proses pengadilan PTUN Bandung dalam perkara informasi publik yang dituntut oleh penggugat Muhammad Hidayat S, yang dilaksanakan di pengadilan tata Usaha Negara Bandung, Senin  (23/7).

Kepala Bagian Hukum Pemkot Bekasi, Sudiana, mengatakan pada tanggal 18 Agustus 2011 yang lalu, pemohon mengajukan permohonan informasi berupa nama dan alamat lengkap penyedia barang atau jasa di lingkungan Dinas Pertamanan, Pemakaman, dan Penerangan Jalan Umum (DP3JU) Kota Bekasi pada tahun 2009 dan 2010.

Tidak puas dengan permintaan informasi yang diajukannya, selanjutnya Muhammad HS mengajukan surat keberatan pertanggal 19 November 2011.

“Dengan alasan keterbukaan informasi publik,” kata Sudiana yang juga didampingi oleh staf Bantuan Hukum pada Bagian Hukum setda Kota Bekasi, Gomos Simanjuntak, saat memberikan penjelasannya di Ruang Bagian Humas Setda Kota Bekasi, Selasa (24/7).

Berdasarkan putusan Nomor 009/PNTP-MK.A/KI-JBR/IV/2012, Pemkot Bekasi berhasil memenangkan gugatan yang diajukan oleh Muhammada HS. Dimana penggugat mempermasalahkan ketidakpuasannya atas keputusan komisi informasi provinsi Jabar.

Ketua Majelis Hakim PTUN Bandung yang diketuai oleh Sofyan, akhirnya memutuskan menolak keberadatan yang diajukan oleh Muhammada HS. Dan yang pada akhirnya Hakim memutuskan Pemkot Bekasi memenangkan persidangan tersebut.

“PTUN Bandung akhirnya memenangkan Pemkot Bekasi, karena apa yang menjadi putusan informasi Provinsi Jabar  telah dilaksanakan oleh Pemkot Bekasi,” katanya.

Sementara itu,  Kasubag Eksternal Humas Pemkot Bekasi, Sayekti Rubiya, menegaskan bahwa sudah menjadi keharusan bagi pemerintah untuk melayani masyarakat, apabila ada orang yang meminta infomasi. “Karena kita memang mengacu kepada Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Ditambahkannya lagi, bahwa hal ini menjadi pembelajaran yang sangat baik bagi pemerintah, “Saya harap semua dinas dapat memahami UU KIP dan dapat melayani setiap masyarakat yang meminta informasi,” katanya.

 

Sumber : www.infopublik.kominfo.go.id

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.