Pentingnya Akurasi Data dalam Pengentasan Kemiskian

Home / Kegiatan / Akses Informasi / Pentingnya Akurasi Data dalam Pengentasan Kemiskian

Media Link – Dalam sebuah diskusi Sekolah Perempuan di Desa Gentansari Kecamatan Pengedogan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, isu data kesejahteraan menjadi perbincangan hangat (28/10/2015). Terlebih tentang data kemiskinan.  Pasalnya beberapa pelayanan publik dan program pemerintah berhubungan langsung dengan data kemiskinan tersebut. Misalnya adalah Program Beras untuk Kelompok Miskin (Raskin) dan Bantuan Langusng Tunai (BLT)

Data yang tidak akurat sering menyebabkan kekacauan program pengentasan kemiskinan pemerintah. Data kesejahteraan (kemiskinan) yang bersumber dari supra desa sering tidak akurat dan mencerminkan sebaran dan tingkat kemiskinan sebenarnya di tingkat desa.  Pembagian bantuan menggunakan data pemerintah justru menimbulkan persoalan tersendiri di desa.

Akhirnya desa Gentasari, Kecamatan Pengedogan, Banjarnegara memutuskan untuk membagikan raskin ini secara merata. Implikasinya, jumlah bantuan yang diterima oleh kelompok miskin menjadi semakin kecil, dan keluarga yang tidak semestinya tetap memperoleh bantuan yang semestinya diperuntukkan bagi kelompok miskin di desa.

Perkumpulan Media Lintas Komunitas (MediaLink) menilai perlu perbaikan data yang akurat dan terbuka dalam program-program pengentasan kemiskinan. Hal tersebut penting supaya dalam pelaksanaan teknis di lapangan petugas dapat melaksanakan dengan baik.

Salah satu upaya yang sedang dikerjakan oleh MediaLink saat ini adalah Penguatan Kolaborasi Sipil-Pemerintah Berbasis Keterbukaan Informasi dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Kelompok Miskin dan Tidak Mampu di Sidoarjo, Wonosobo dan DKI Jakarta.

Direktur Eksekutif MediaLink, Mujtaba Hamdi berharap program ini dapat membantu pemerintah melaksanakan program-program pengentasan kemiskinan dengan lebih transparan dan  akuntabel.

“Program ini menjadi ajang konsolidasi, koordinasi, dan pematangan program dan pematangan program yang sangat krusial sebelum kegiatan-kegiatan program digulirkan” pungkas Mujtaba Hamdi.

 

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.