Publik Berhak Mengetahui Informasi

Home / Peristiwa / Daerah / Publik Berhak Mengetahui Informasi
By
In Daerah

MEDAN-Setiap informasi yang menyangkut kebutuhan dan kepentingan public, berhak diketahui siapapun. Informasi yang mendapat pengecualian harus melalui pengkajian dan ada alasan yang tepat untuk dirahasiakan.

“Kewajiban pejabat public untuk memberikan informasi kepada public, saat ada yang melakukan permintaan atas informasi yang diinginkan,” ujar Sahyan Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Sumut devisi Sosialisasi dan advokasi saat sosialisasi UU no 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Ruang Data Balai Kota Siantar, Selasa (30/10/2012). Acara sosialisasi juga hadir, Wakil Ketua KIP Sumut Mayjen Simanungkait, dan para komisioner HM Nasir Isfa sebagai ketua Devisi Kelembagaan dan kerjasama lembaga public, dan Robinson sebagai devisi penyeleisaian sengketa informasi.

Peserta sosialisasi adalah para humas dari setiap SKPD yang ada di lingkungan pemerintah Kota Pematangsiantar. dan hadir juga Asisten Bidang Pemerintahan Djumadi, dan Kabag Humas dan Protokoler Pemko Daniel Siregar.

“Pemko harus lebih bersiap, dimana warga Siantar adalah warga yang snagat kritis. Untuk itu, informasi yang disampaikan juga harus akurat dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Sahyan. Sebab, menurut UU KIP, seluruh warga berhak mendapatkan informasi, menyebarluaskannya, untuk kepentingan pribadi maupun lingkungan sosialnya. Hal itu diatur dalam pasal 28 UU no 14/2008.

Dan jika informasi tidak diberikan, maka akan ada sanksi pidana yang diatru juga dalam undang-undang tersebut. Termasuk hukuman penjara dan denda sejumlah uang.
Robinson juga menyatakan hal sama, dimana pejabat harus bersiap diri dan tidak meganggap enteng akan informasi yang dimaksud dalam undang-undang KIP. “Lengkapi data dan informasi. Jika ada informasi yang dikecualikan, harus melalui kajian,” ujarnya.

Sumber : www.tribunnews.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.