Sekretariat DPRD Mitra Usir Wartawan Saat Liputan

Home / Peristiwa / Daerah / Sekretariat DPRD Mitra Usir Wartawan Saat Liputan

Insiden pengusiran dan pelarangan wartawan melakukan peliputan hearing atau rapat dengar pendapat antara Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Tenggara (Mitra), oleh staf sekretariat DPRD, mendapat tanggapan pengamat politik, Taufik Tumbelaka. “Insiden seperti itu menjadi bukti bahwa DPRD Mitra tidak cukup paham tentang UU Pers dan UU Keterbukaan Informasi Publik,” ungkapnya.

Saat dihubungi Tribun Manado, pengamat yang beberapa tahun terakhir aktif menyikapi dinamika politik dan pemerintahan daerah dan nasional ini, menegaskan bahwa hal tersebut tidak seharusnya terjadi, sebab tugas profesi jurnalis itu dilindungi oleh UU, yakni UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Tugas profesi jurnalis jelas dilindungi UU, jadi tidak bisa dihalangi,” tegasnya.

Menurut Tumbelaka, dalam negara yang menganut sistem Demokrasi, peranan pers sangat penting dan dibutuhkan dalam upaya mewujudkan prinsip-prinsip good governance. “Pada dasarnya hak masyarakat untuk memperoleh informasi terbagi dalam dua hal, yakni hak untuk mengetahui (Right To Know) dan hak untuk mendapatkan (Rigth To Get Information),” jelasnya.

Oleh karena itu, setiap lembaga atau instansi yang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), berkewajiban memberikan ruang kepada pers untuk meliput berbagai kegiatannya, terkecuali informasi itu adalah informasi rahasia sebagaimana amanat UU Nomor 14 tahun 2008.

Sementara itu, Ketua Jurnalis Independen Mitra (JIM), Stenly Kalumata, mewakili rekan-rekan jurnalis, mengaku sangat menyesalkan peristiwa tersebut, sekaligus mengecam perintah pimpinan DPRD Mitra. Sebab pada prinsipnya tugas jurnalis dilindungi UU. Sehingga tidak seharusnya dihalang-halangi, apalagi oleh institusi yang jelas-jelas menggunakan uang negara,” Atas nama JIM, Saya menyesalkan peristiwa itu sekaligus mengecamnnya,” tandas Kalumata.

Sumber : www.bangka.tribunnews.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.