SKPD Diminta Buka Informasi ke Publik

Home / Peristiwa / Daerah / SKPD Diminta Buka Informasi ke Publik
By
In Daerah

Jakarta – Paska dibentuknya Komisi Informasi Provinsi (KIP) DKI Jakarta, Dinas Komunikasi Informatika dan Kemuhasan DKI Jakarta bukan lagi satu-satunya pihak yang bertanggung jawab terhadap penyediaan informasi kepada publik. Tapi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain pun memiliki kewajiban yang sama. Karena itu, SKPD di lingkungan Pemprov DKI diminta agar dapat membuka informasi kepada publik untuk memberikan kemudahan keterbukaan informasi sejalan dengan amanat Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“KIP akan membantu mensupervisi SKPD yang ada dalam pengklasifikasian informasi dan memberi pemahaman tentang sengketa informasi yang dibutuhkan,” ujar Farhan Basyarahil, Komisioner KIP DKI Jakarta, Rabu (11/4).

Sesuai tujuan tersebut, Farhan mengaku telah melakukan pertemuan dengan Asisten Pemerintahan Sekdaprov DKI Jakarta, Sylviana Murni, dan menyepakati beberapa hal penting. Selain itu diinstruksikan juga mengenai percepatan pembentukan Pejabat Pengelola Informasi Data (PPID) di semua SKPD dan BUMD yang ada. Sehingga segala informasi yang dibutuhkan lebih mudah diakses karena telah terkumpul di satu divisi.

Selain itu, semua pimpinan SKPD akan dikumpulkan dan diberikan pengarahan tentang pentingnya pelaksanaan UU No 14 tahun 2008. “Pengarahan ini dilakukan agar seluruh jajaran di Pemprov DKI Jakarta lebih memahami UU No 14 tahun 2008 tersebut,” tandasnya.

 

 

Sumber, beritajakarta.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.