Tak Semua Warga Memiliki KJS

Home / ASIK DKI / Perumahan / Tak Semua Warga Memiliki KJS

Diluncurkannya Kartu Jaminan Sehat (KJS) yang menjadi salah satu program Gubernur DKI terpilih , Jokowi-Ahok, akhirnya bisa direalisasikan beberapa hari yang lalu. Realisasi dari KJS ini selain membawa harapan akan perbaikan kualitas kesehatan yang ada di masyarakat juga membawa sedikit kegelisahan bagi beberapa pihak RSUD. Salah satu diantaranya adalah RSUD Pasar Rebo. Dedy Suryadi, Humas RSUD Pasar Rebo mengatakan bahwa tahun 2012 yang lalu saja utang Pemprov DKI di Pasar Rebo saja mencapai Rp 5.5 miliar.

Terkait dengan kondisi ini, Dedy menyarankan supaya klaim KJS nantinya bisa meniru sistem yang telah dipakai Jaminan Kesehatan Sosial (Jamkesmas). Jamkesmas yang saat ini dikelola oleh Kementerian Kesehatan telah menggunakan sistem internet, sehingga lebih mudah untuk mengaturnya. Lebih lanjut, Dedy juga menyarankan nantinya jika KJS ada sinergi dengan Kartu Keluarga Miskin (Gakin) dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Dengan adanya sinergitas ini nantinya diharapkan dana yang ada bisa dicairkan setiap bulan. Sehingga kejadian seperti di RSUD Pasar Rebo tersebut tidak perlu terjadi lagi.

Sementara itu, terkait dengan keluhan tersebut Gubernur DKI, Joko Widodo, mengatakan bahwa KJS ini akan berjalan baik. Ketakutan seperti yang diungkapkan oleh beberapa pihak menurutnya tidak akan terjadi ke depannya. Dalam waktu dekat, imbuh Jokowi, Pemrpov akan melunasi semua hutang-hutang tersebut. Perlu diketahui juga bahwa anggaran untuk KJS tahun 2012 ini mencapai Rp 1,1 triliun.

Dengan adanya Kartu Jaminan Sehat ini diperkirakan akan mampu menolong sekitar 4,5 juta jiwa yang sampai saat ini tidak memiliki perlindungan kesehatan. Akan tetapi, yang perlu diketahui bersama juga bahwa KJS ini tidak mengcover semuanya. “Kami bisa bantu sampai pengobatan kemoterapi. Namun, kami tidak menanggung biaya warga yang ingin membeli alat bantu pendengaran dan kacamata,” kata Jokowi seperti yang dikutip Kompas (13/11).

Sampai hari ini, di dua kelurahan yaitu di Pademangan Timur dan Marunda telag dibagikan sedikitnya 985 KJS. Akan tetapi, meskipun Jokowi juga turun langsung membantu membagikan kartu tersebut, ternyata ada beberapa warga yang tidak mengetahui bagaiamana cara untuk mendapatkan kartu tersebut. “Sudah dengar, tapi belum tahu ke mana mengurusnya. Ini juga sedang mengurus surat keterangan tidak mampu untuk berobat ke rumah sakit,” kata seorang warga (Kompas, 13/11).

 

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.