Tanyakan Dana BSM, Seorang Siswa Dihajar

Home / Peristiwa / Daerah / Tanyakan Dana BSM, Seorang Siswa Dihajar
By
In Daerah

Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tampaknya tak berlaku di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Hanya karena mempertanyakan pembayaran dana bantuan siswa miskin (BSM), seorang siswa SMP Negeri 1 Matangnga bernama Hamzah dihajar kepala sekolahnya, Musa. Alasannya, Hamzah dianggap lancang. Tak terima dipukul berkali-kali, Hamzah dan sejumlah teman sekelasnya yang juga tercatat sebagai penerima bantuan BSM terpaksa melaporkan kepala sekolahnya ke polisi setempat, Senin (21/1/2013).

Kepada Kompas.com, Hamzah mengaku, awalnya dia menerima bantuan siswa miskin (BSM) sebesar Rp 200 ribu per triwulan. Padahal, seharusnya dana itu diterimanya Rp 400 ribu. Bahkan, kata Hamzah, sejumlah siswa yang terdaftar sebagai BSM di sekolahnya malah tidak mendapatkan dana sama sekali hingga tamat sekolah.

Akhirnya, para siswa penerima BSM ini pun meminta penjelasan Musa dengan mendatangi rumah yang bersangkutan. Namun, sang kepala sekolah tersebut bukannya memberi penjelasan, dia malah menghajar mereka. Bahkan, Musa mengusir siswanya keluar dari rumahnya. Hamzah dan teman-temannya pun melaporkan kasus ini ke Kepolisian Resor Polewali Mandar. Kini, pihak kepolisian sedang menyelidiki kasus tersebut.

Sumber : www.kompas.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.