Temu Jurnalis

Home / Kegiatan / Akses Informasi / Temu Jurnalis

Rangkaian kegiatan komunitas warga Besuki dalam akses informasi berbasis komunitas ini juga diperkuat dengan peran jurnalis. Pertemuan rutin dalam kegiatan ini melibatkan kerjasama antara masyarakat sipil dan jurnalis. Aspirasi warga dapat tersalurkan melalui peran jurnalis dalam mengangkat isu yang berangkat dari persoalan yang dihadapi masyarakat. Dalam kesempatan pertemuan di desa Besuki ( 29/09/2012), membicarakan tentang peran optimal jurnalis dalam persoalan lumpur lapindo yang akan dikuatkan lagi dengan isu tertentu. Kerjasama yang baik antara masyarakat sipil dengan jurnalis dapat mengangkat isu yang dekat dengan masyarakat, yang selama ini belum teroptimalkan mengangkat di permukaan.Untuk itu pertemuan kali ini menguatkan gagasan untuk mengikat kerjasama antara masyarakat sipil dengan jurnalis dengan melibatkan beberapa elemen seperti WALHI, MediaLink, Posko, dan AJI.

Gagasan ini cukup terealisasi dengan tindak lanut pada pertemuan berikutnya di Surabaya (3/10/2012). Pada pertemuan kali ini, AJI Surabaya mengutarakan gagasan model kerjasama yang dapat menguatkan isu yang dimunculkan. Kesempatan kali ini, AJI Surabaya mengajak agar organisasi jurnalis  seperti PWI, PWRI, dsb turut dilibatkan mengoptimalkan peran jurnalis dalam mengangkat isu sensitif terkait permasalahan korban kasus lumpur lapindo.

Kerjasama antara masyarakat sipil dengan jurnalis sudah cukup terbangun melalui pertemuan di Besuki (11/10/2012) yang melibatkan Catur (Besuki), Fahmi (TransTv), dan Prayit (AntaraTv). Dalam kesempatan kali ini dibicarakan seputar isu kekinian permasalahan korban lumpur lapindo. Kondisi hidup warga di wilayah tinggal baru dan upaya pemulihan yang dilakukan korban lapindo perlu disampaikan untuk mengisi kebutuhan informasi publik yang luas dan terkini tentang perkembangan masyarakat korban lumpur lapindo. Melalui kesempatan kali ini juga Prayit (AntaraTv) berencana akan membuat feature dampak lumpur lapindo untuk Antara Tv.

(Cc) : MediaLink

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.