Terkait Maladministrasi, Ombudsman Panggil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Home / Peristiwa / Pusat / Terkait Maladministrasi, Ombudsman Panggil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta
By
In Pusat

JAKARTA–Ombudsman Republik Indonesia (ORI) akan segera memanggil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan lima kepala Sekolah SMP negeri di Jakarta untuk dimintai keterangan. Pemanggilan ini terkait laporan Indonesia Corruption Watch (ICW), terkait dugaan maladministrasi yang dilakukan oleh pihak-pihak tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan lima Kepala Sekolah SMP Negeri di Jakarta (SMPN 190 Jakarta, SMPN 95 Jakarta, SMPN 84 Jakarta, SMPN 67 Jakarta, dan SMPN 28 Jakarta), menolak memenuhi kewajiban hukum berupa penyerahan kuitansi dan salinan SPJ dana BoS dan BOP tahun 2007-2009 pada ICW.

“Keputusan Komisi Informasi Pusat (KIP) memang baru, dan SPJ memang termasuk dalam dokumen yang boleh dibaca siapa pun. Maka kami akan melakukan pemanggilan kepada pihak-pihak yang dianggap mempersulit,” ujar anggota Ombudsman bidang Penyelesaian Laporan/Pengaduan Budi Santosa di Kantor Ombudsman, Selasa (14/6/2011).

Menurut Budi, pihaknya akan mulai mengirimkan surat panggilan bagi pihak-pihak tersebut besok, dan mengagendakan pertemuan pada Selasa depan.  Budi mengakui, pengaduan dari ICW seputar kendala dalam mengakses dokumen publik bukanlah yang pertama. Kasus serupa pernah pula terjadi di Banten, bahkan sempat dialami sendiri oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.

“Di Banten juga ada informasi seperti ini, sulitnya mengakses dokumen publik yang sebenarnya bukan dokumen negara. Kami diundang DPD seminggu lalu untuk melakukan dengar pendapat, DPD pun ternyata juga merasa kesulitan,” ungkapnya.***

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.