Terkendala Sekretariat, KIP Uji Materi UU 14/2008

Home / Peristiwa / Daerah / Terkendala Sekretariat, KIP Uji Materi UU 14/2008
By
In Daerah

Bandung – Terkendala pembentukan unit pendukung kesekretariatan Komisi Informasi di daerah, Komisi Informasi Pusat (KIP) berencana mengajukan uji materi (judicial review) pasal 29 ayat (4) dan (5) Undang-undang No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Hambatan teknis yang mendera Komisi Informasi mengancam pemenuhan hak atas informasi sebagaimana diatur pasal 28F UUD 1945.

“Organisasi yang berwenang memutus sengketa, tetapi perangkatnya tak ada karena regulasi. Pasal 29 ayat (4) dan (5) UU 14/2008 mengatur mekanisme pembentukan sekretariat Komisi Informasi di provinsi dan kabupaten kota,” ujar Ketua KIP Abdul Rahman Ma’mun dalam konferensi pers penutupan Rapat Koordinasi nasional (Rakornas) komite Informasi di Hotel Horison Jalan Pelajar Pejuang Kota Bandung, Kamis (5/7/2012).

Bagian yang akan dimintakan uji materi, lanjutnya, adalah mengenai ‘frasa di bidang komunikasi dan informasi’ pada kedua ayat yang mengacu siapa pejabat yang menyelenggarakan fungsi sekretariat untuk Komisi Informasi.

“Frasa tersebut menjadi kendala di daerah karena mayoritas struktur di pemerintah daerah tidak menempatkan komunikasi dan informasi sebagai pembidangan yang terlepas dari bidang lain,” jelasnya.

Abdul Rahman menuturkan uji materi bermaksud memberikan keleluasaan bagi pemerintah daerah menentukan asal bidang dari pejabat pelaksana sekretariat Komisi Informasi. “Ini kendala regulasi, uji materi dimungkinkan, meskipun makan waktu lama. Terobosan lain juga terus kami dorong,” kata Abdul Rahman.[jul]

Sumber : www.inilah.com

Recent Posts
Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.