Cara Mendapatkan Kode Referral Pengertian, Contoh, dan Manfaat Serta Keuntungan

Selamat datang di artikel blog medialink.or.id – Seringkali, kita melihat para pengguna aplikasi atau influencer mempromosikan kode-kode unik di berbagai platform online seperti media sosial atau YouTube. Kode unik tersebut disebut sebagai kode referral. Namun cara mendapatkan kode referral, mengapa mereka begitu aktif dalam menyebarkan kode referral tersebut?

Ternyata, program kode referral memiliki manfaat yang signifikan. Dari diskon pembelian hingga komisi besar, peluang keuntungan sangat terbuka lebar. Namun cara mendapatkan kode referral, untuk benar-benar memanfaatkan keuntungan dari kode referal, penting untuk memahami cara penggunaannya dengan baik.

Apa sebenarnya kode referral itu, bagaimana fungsinya, serta mekanisme kerjanya? Dan bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkannya? Jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai kode referral, mulai dari konsep dasarnya hingga penggunaannya. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai selesai agar mendapatkan informasi yang komprehensif.

Apa itu Kode Referral?

Cara Mendapatkan Kode Referral Pengertian, Contoh, dan Manfaat Serta Keuntungan

Kode referral merujuk pada kombinasi unik antara angka, huruf, dan simbol yang digunakan untuk mengajak orang bergabung dalam suatu platform atau membeli produk tertentu dengan imbalan hadiah. Ada pula kode referal dalam bentuk tautan yang dapat mengarahkan seseorang untuk melakukan tindakan spesifik, seperti mendaftar atau mengunduh akun.

Pemilik kode referral dapat berbagi kode ini kepada teman atau keluarga guna memperoleh sejumlah keuntungan, mulai dari diskon pada produk, cashback, hingga komisi. Pada e-commerce, kode referal umumnya memberikan diskon pada pembelian. Pengguna dapat menggunakan kode mereka saat proses pembayaran untuk langsung mendapatkan potongan harga.

Di bidang bisnis lainnya, kode referal seringkali berujung pada hadiah berupa komisi bagi pemilik kode dan pengguna kode tersebut. Meskipun banyak yang mengira bahwa kode referral dan kode voucher/promo serupa, keduanya memiliki perbedaan. Kode promo biasanya diciptakan oleh perusahaan untuk meningkatkan transaksi penjualan, sementara kode referal dibuat oleh perusahaan untuk didistribusikan kepada penggunanya, menggunakan pendekatan ‘words of mouth’ dari pelanggan sebagai alat promosi.

Dalam program kode referral, diskon bagi pengguna seringkali diberikan untuk memastikan efektivitas promosi pelanggan. Inilah yang membuat kode referral dan kode voucher memiliki kesamaan.

Perbedaan utama terletak pada jangka waktu penggunaannya. Kode voucher memiliki masa aktif dan hanya bisa digunakan sekali, sedangkan kode referal bersifat berkelanjutan dan relatif tidak memiliki batasan waktu. Artinya cara mendapatkan kode referral, selama kode referal digunakan oleh orang baru, pemilik kode akan terus menerima keuntungan.

Cara Kerja Kode Referral

Cara Mendapatkan Kode Referral Pengertian, Contoh, dan Manfaat Serta Keuntungan

Cara kerja kode referral sebenarnya cukup sederhana dan dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Pembuatan Kode Referral
    Umumnya, kode referral akan secara otomatis diberikan kepada setiap pengguna aplikasi atau anggota dari suatu program tertentu. Kode referal yang dihasilkan adalah unik bagi setiap pengguna. Di beberapa aplikasi, pengguna dapat melakukan penyesuaian kode sesuai preferensi mereka.
  2. Penyebaran Kode Referral
    Kode referral dapat disebarluaskan oleh pengguna ke berbagai platform, seperti media sosial, promosi melalui blog atau situs web, pesan broadcast, word of mouth, dan lainnya. Setiap orang bisa menggunakan kode tersebut, kecuali untuk pengguna yang telah terdaftar dengan akun yang sama sebelumnya.
  3. Pemakaian Kode Referral
    Ketika kode referral digunakan oleh pengguna lain, sistem akan mendeteksi dan mengumpulkan data tersebut. Penyedia kode referral akan memverifikasi akumulasi penggunaan kode referral tersebut.
  4. Perolehan Keuntungan
    Setelah verifikasi, sistem akan memberikan sejumlah keuntungan kepada pemegang kode sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Umumnya cara mendapatkan kode referral, program rewards referral ini dapat berupa poin, komisi uang, diskon promosi, dan lainnya.

Manfaat Menggunakan Kode Referral Bagi Pengusaha

Cara Mendapatkan Kode Referral Pengertian, Contoh, dan Manfaat Serta Keuntungan

Kode referral merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis yang memberikan manfaat ganda bagi perusahaan dan konsumen. Berikut adalah manfaat dari program kode referral bagi pengusaha:

  1. Menjaring Konsumen Lebih Banyak
    Strategi bisnis kode referral memiliki daya jangkau yang luas. Data dari extole.com menunjukkan bahwa perusahaan B2B dengan promosi referral memiliki rasio konversi 70% lebih tinggi. Pelanggan yang dirujuk ke merek tertentu memiliki peluang hingga 5x lebih tinggi untuk menggunakan program rujukan.
  2. Meningkatkan Loyalitas Konsumen
    Program referral code dapat meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan diskon, komisi, dan keuntungan lainnya. Dengan adanya keuntungan ini, konsumen cenderung lebih memprioritaskan layanan atau produk tersebut.
  3. Membangun Brand Awareness
    Pemanfaatan kode referral afiliasi memungkinkan perusahaan untuk melakukan promosi yang lebih efektif. Pengguna kode referral dapat menyebarkan kode ke berbagai platform secara personal, membantu promosi perusahaan di channel yang sebelumnya tidak terjangkau.
  4. Meningkatkan Transaksi Penjualan
    Kode referral dapat meningkatkan transaksi penjualan dengan testimonial pengguna, kepercayaan tinggi dari konsumen terhadap kode referral, dan kecenderungan konsumen mempercayai rekomendasi dari orang terdekat.
  5. Menciptakan Konten Promosi yang Beragam
    Program kode referral mendorong pembuatan konten promosi yang kreatif, termasuk di platform seperti YouTube, Instagram, blog, dan lainnya, membantu perusahaan menghemat anggaran promosi dan memperluas jangkauan promosi.

Kode referral telah diadopsi oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai strategi pemasaran yang efektif, seperti Niagahoster, Shopee, TikTok, Bibit, Bank Jago, dan lainnya. Affiliate marketing menjadi salah satu strategi yang digunakan dalam program referral untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Keuntungan Menggunakan Referral Code bagi Konsumen

Cara Mendapatkan Kode Referral Pengertian, Contoh, dan Manfaat Serta Keuntungan

Selain memberikan manfaat bagi pengusaha, kode referral juga memberikan sejumlah keuntungan menarik bagi konsumen:

  1. Mendapatkan Komisi yang Signifikan
    Program kode referral memungkinkan konsumen mendapatkan komisi besar saat ada aktivitas seperti pendaftaran akun baru atau pembelian produk. Komisi ini biasanya diberikan per item pembelian dengan kisaran antara 10-70%.
  2. Diskon Produk yang Menguntungkan
    Selain komisi, kode referral memberikan diskon produk yang cukup besar, seringkali berkisar antara 10 hingga 50%. Diskon ini membuat pembelian produk menjadi lebih hemat dan menarik bagi konsumen.
  3. Kemudahan Berbagi Diskon
    Kode referral dapat dibagikan kepada siapa pun, membantu teman atau keluarga juga mendapatkan diskon besar saat membeli produk. Ini memberikan manfaat ganda, baik bagi pemilik kode maupun penerima diskon.
  4. Mendapat Keuntungan Tanpa Modal
    Program kode referral memungkinkan konsumen mendapatkan keuntungan tanpa perlu melakukan transaksi. Keuntungan bisa didapat saat orang lain mendaftar atau menggunakan tautan referral yang dibagikan.
  5. Keuntungan yang Berkelanjutan
    Kode referral umumnya bersifat permanen dan tidak memiliki masa kadaluarsa. Hal ini memungkinkan konsumen terus menerima keuntungan selama kode mereka terus digunakan oleh orang baru.

Agar kode referral dipercaya lebih banyak orang, strategi unik dalam penyebarannya sangat dianjurkan. Misalnya, memasukkan kode pada website yang sesuai dengan niche aplikasi, membuat konten menarik di TikTok, atau menggunakan platform lain untuk promosi yang kreatif.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Referral?

Setelah memahami esensi kode referral, proses kerjanya, dan manfaatnya, Anda mungkin penasaran: Bagaimana sebenarnya cara mendapatkan kode referral? Di mana Anda bisa menemukan kode-kode referral tersebut?

Langkah-langkah umum untuk memperoleh kode referal sebagai berikut:

  1. Login ke aplikasi yang bersangkutan.
  2. Arahkan langkah ke profil akun Anda di dalam aplikasi.
  3. Telusuri menu opsi yang disebut “Kode Referral” di dalam profil.
  4. Setelah menemukan kode referral Anda, ada kemungkinan untuk menyesuaikannya sesuai keinginan Anda.
  5. Bagikan kode referal atau tautan referral tersebut.

Beberapa aplikasi juga memungkinkan Anda untuk langsung membagikan kode referral dalam format tautan. Caranya mirip, yaitu dengan mengakses bagian profil dan mencari opsi menu yang menawarkan ajakan “Bergabunglah dengan kami…”. Dari situ, Anda akan mendapatkan tautan yang dapat segera Anda bagikan kepada orang lain.

Proses memperoleh kode referal umumnya cukup sederhana, bukan? Kode referal biasanya berbentuk kombinasi karakter yang dapat Anda sesuaikan. Namun cara mendapatkan kode referral, pada tautan, formatnya tidak dapat diubah.