Syarat dan Cara Aktivasi BPJS Online dengan Mudah Terbaru 2024

Selamat datang di artikel blog medialink.or.idBPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan yang wajib bagi warga Indonesia. Bagi peserta yang telat membayar iuran bulanan, kepesertaan mereka bisa menjadi tidak aktif. Namun, Cara Aktivasi BPJS Online tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah untuk mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan secara online.

Jika Anda mencari info mengenai cara aktivasi bpjs onlineaktivasi bpjs secara online, atau cara daftar bpjs online, artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk Anda.

Cara Aktivasi BPJS Online Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN

Syarat dan Cara Aktivasi BPJS Online dengan Mudah Terbaru 2024

Untuk mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui aplikasi Mobile JKN. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Mobile JKN dari AppStore atau PlayStore.
  2. Registrasi dengan mengisi data identitas diri, seperti nomor kartu, password, dan kode captcha.
  3. Pilih menu “Peserta” dan klik “Cek Kepesertaan”.
  4. Pilih “Segmen Peserta” dan kemudian klik “Selanjutnya”.
  5. Pilih metode pembayaran autodebet sesuai dengan rekening bank yang Anda miliki.
  6. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk mendaftarkan rekening autodebet.
  7. Lakukan pembayaran dan tunggakan iuran BPJS Kesehatan.
  8. Lakukan verifikasi menggunakan kode yang dikirimkan ke nomor handphone Anda.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, BPJS Kesehatan Anda akan aktif kembali.

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan melalui WhatsApp

Syarat dan Cara Aktivasi BPJS Online dengan Mudah Terbaru 2024

Selain melalui aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan juga bisa diaktifkan kembali melalui WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kirim pesan ‘Hi Chika’ ke nomor kontak WhatsApp BPJS Kesehatan.
  2. Ikuti panduan yang dikirimkan BPJS Kesehatan melalui pesan balasan, dan berikan respon dengan mengetik angka atau pesan yang diminta.
  3. BPJS Kesehatan akan memberikan nomor kontak layanan baru.
  4. Lanjutkan komunikasi dengan nomor baru tersebut dan ikuti instruksi selanjutnya.
  5. Isi formulir online sesuai dengan data yang diminta.
  6. Lakukan pengiriman dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengaktifan kembali.
  7. Setelah semua data terisi dan dokumen terkirim, BPJS Kesehatan akan memberikan informasi mengenai pengaktifan kembali kepesertaan.
  8. Lakukan pembayaran iuran pertama agar kepesertaan aktif kembali.

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan ke Kantor Cabang

Syarat dan Cara Aktivasi BPJS Online dengan Mudah Terbaru 2024

Selain melalui aplikasi Mobile JKN dan WhatsApp, BPJS Kesehatan juga bisa diaktifkan kembali dengan mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Bagi peserta BPJS Kesehatan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), berikut langkah-langkahnya:

  1. Hubungi BPJS Kesehatan Care Center 165 atau chat assistant JKN (Chika) untuk mengetahui status kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan.
  2. Laporkan ke Dinas Sosial setempat dengan membawa Kartu JKN-KIS, Kartu Keluarga, dan KTP-Elektronik.
  3. Dinas Sosial akan menerbitkan surat keterangan yang ditujukan kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk permohonan reaktivasi kepesertaan KIS PBI Jaminan Kesehatan.
  4. Setelah reaktivasi dilakukan, laporkan kepada fasilitas kesehatan pertama bahwa kartu sudah aktif kembali.

Penyebab BPJS Kesehatan Tidak Aktif

Syarat dan Cara Aktivasi BPJS Online dengan Mudah Terbaru 2024

Terdapat beberapa penyebab yang membuat BPJS Kesehatan menjadi tidak aktif. Salah satunya adalah keterlambatan dalam membayar iuran BPJS Kesehatan. Peserta yang terlambat membayar iuran bulanan dapat menyebabkan kepesertaan mereka menjadi tidak aktif.

Selain itu, Cara Aktivasi BPJS Online BPJS Kesehatan juga bisa tidak aktif jika pemberi kerja belum melunasi tunggakan iuran BPJS Kesehatan milik pekerja. Jika iuran BPJS Kesehatan belum dibayarkan oleh pemberi kerja, kepesertaan peserta juga bisa menjadi tidak aktif. Hal ini berlaku terutama bagi peserta yang bekerja di perusahaan dan memiliki BPJS Kesehatan melalui program Pekerja Penerima Upah (PPU).

Peserta juga harus mengurus kepesertaannya secara mandiri jika sudah tidak bekerja di suatu perusahaan. Jika peserta tidak mengurus kepesertaannya secara mandiri setelah berhenti bekerja, kepesertaan BPJS Kesehatan bisa menjadi tidak aktif.

Untuk peserta BPJS Kesehatan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI), status kepesertaan bisa menjadi tidak aktif jika peserta sudah tidak terdaftar sebagai penerima manfaat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Jika peserta tidak lagi terdaftar sebagai penerima manfaat di DTKS, kepesertaan mereka juga bisa menjadi tidak aktif.

Cara Mengecek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan

cara aktivasi bpjs online

Jika Anda ingin mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan:

Melalui Aplikasi Mobile JKN

  1. Unduh dan instal aplikasi Mobile JKN.
  2. Buka aplikasi dan masuk menggunakan akun Anda.
  3. Pilih menu “Profil” dan cari opsi “Status Kepesertaan”.
  4. Klik pada opsi tersebut, dan Anda akan melihat informasi mengenai status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda.

Mengirim Pesan melalui WhatsApp

Jika Anda lebih nyaman menggunakan WhatsApp untuk mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Temukan nomor kontak resmi BPJS Kesehatan dan simpan di daftar kontak Anda.
  3. Buka chat dengan nomor tersebut, dan kirimkan pesan dengan format “Status Kepesertaan”.
  4. Tunggu balasan dari BPJS Kesehatan. Mereka akan mengirimkan informasi mengenai status kepesertaan Anda.

Menghubungi Call Center 165

Jika Anda prefer berbicara dengan petugas secara langsung, Anda dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan melalui nomor 165. Sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan, dan mereka akan membantu Anda dengan informasi yang Anda butuhkan.

Mendatangi Petugas BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan

Anda juga dapat secara langsung mendatangi petugas BPJS Kesehatan di rumah sakit atau puskesmas terdekat. Tanyakan kepada petugas yang bertugas bahwa Anda ingin mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan, dan mereka akan membantu Anda dengan proses tersebut.

Dengan menggunakan salah satu metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek status kepesertaan BPJS Kesehatan Anda. Penting untuk selalu memastikan keaktifan kepesertaan BPJS Kesehatan Anda agar dapat terus menikmati manfaat dari program jaminan kesehatan ini.

Untuk mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan yang sudah tidak aktif, Anda memiliki beberapa opsi yang dapat dilakukan secara online. Salah satunya adalah melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui AppStore atau PlayStore. Selain itu, Cara Aktivasi BPJS Online Anda juga dapat menggunakan layanan WhatsApp dengan mengirim pesan ‘Hi Chika’ ke nomor kontak resmi BPJS Kesehatan.

Apabila ingin mengaktifkan kembali kepesertaan BPJS Kesehatan secara offline, Anda dapat mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Pastikan Anda memenuhi syarat dan ketentuan pembayaran iuran BPJS Kesehatan agar kepesertaan tetap aktif.

Terkait pembayaran iuran, penting untuk memperhatikan waktu pembayaran agar tidak terlambat. Jika terlambat, Anda dapat dikenakan denda pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Agar dapat mendapatkan pelayanan BP